Animasi Kimia: Materi Hidrolisis Garam

Standar Kompetensi

4. Memahami sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya.

Kompetensi Dasar

4.4 Menentukan jenis garam yang mengalami hidrolisis dalam air dan pH larutan garam tersebut.

Indikator Materi Hidrolisis Garam

  1. Memahami pengertian garam yang mengalammi hidrolisis
  2. Menentukan ciri-ciri garam yang dapat terhidrolisis
  3. Menentukan pH garam yang berasal dari asam dan basa kuat
  4. Menentukan pH garam yang berasal dari asam kuat dan basa lemah
  5. Menentukan pH garam yang berasal dari asam lemah dan basa kuat
  6. Menentukan pH garam yang berasal dari asam dan basa lemah

Deskripsi Singkat tentang Materi Hidrolisis Garam

Jika suatu larutan asam dan basa direaksikan maka akan terbentuklah suatu larutan yang disebut garam. Kekuatan asam dan basa yang bereaksi menentukan sifat dari garam yang akan dihasilkan. Jika suatu asam dan basa kuat direaksikan maka akan terbentuk larutan garam yang bersifat netral (pH = 7). Simak informasi lebih lengkap melalui animasi di bawah ini.

Apa saja yang disajikan di sini?

Pada animasi berikut disajikan berbagai sub pokok materi tentang hidrolisis garam, mulai dari pengertian hidrolisis garam, berbagai jenis garam, serta konsep dan penentuan pH garam. Penasaran? Simak materinya di bawah ini.

Lihat video animasi pembelajaran kimia lainnya, klik di sini. Anda juga dapat mendownload Animasi Kimia: Materi Hidrolisis Garam dengan mengklik di sini.

6 Komentar untuk "Animasi Kimia: Materi Hidrolisis Garam"

  1. Animasi sajian materinya itu dibuat sendiri ya Pak? Atau semacam software ya...Sangat membantu dan bermanfaat Pak!

    BalasHapus
  2. @ Isman Punggul: Bukan Pak, itu sy dapat dari kawan 1 sekolah. Ada program khususnya untuk membuat animasi di atas. Tp sy belum pernah mencobanya Pak.
    Terima kasih Pak, ini sangat aplikatif jika di gunakan di kelas dengan dukungan multimedia :D

    BalasHapus
  3. wah kimia... maju terus menyebar ilmu, untuk bekal kita di akhirat nanti.

    BalasHapus
  4. @ Agus Munawar: Terima kasih atas dukungannya Mas.. ;))

    BalasHapus
  5. (SRI AGUSTINA SHOFIAN; Lolos PNS Guru di lingkungan Kemenag Blitar)

    Berawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA Blitar dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengkutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. Waktu pun terus berjalan, karena tertanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA Blitar dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa was-was dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. Rasa pesimisku memang timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 11 Desember 2013 namun di undur tanggal 18 Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 3 dari 1 formasi yang aku ikuti di Kabupaten Blitar Jawa Timur. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayangku.

    Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeki yang diberikan kepadaku. Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :

    1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.

    2. Suami dan Anak [DikMa]; Dukungan Do’anya sangat berharga dalam pencapaian saat ini.

    3. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih Mama, terima kasih Kakak Perempuan ku, terima kasih Kakak Laki-laki ku tak terlepas juga buat teman-temanku terimakasih semuanya.

    4. Terimakasih untuk khususnya Bpk DR.H.EDY WAHYONO SUWARNO PUTRO.SH.M.S.I. beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor bpk DR.H.EDY WAHYONO SUWARNO PUTRO.SH.M.S.I.0813-2612-2555

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel